Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘dunia science’ Category

Tentang Alergi

Perubahan cuaca yang cukup drastis, akan pula menyebabkan reaksi alergi yang bermacam-macam. Termasuk hal ini terjadi pada diriku saat awal kali menginjakkan kaki di negri Gingseng. Saat ini di Korea sedang musim semi (Spring times) dan akan mulai beranjak ke musim panas (summer) di bulan juni nanti. Awal aku kesini cuacanya cukup cerah, namun jika hari beranjak malam dan pagi hari menurutku cukup dingin juga. Awal aku kesini memang lagi Flu karen a munkin kecapean mempersiapkan keberangkatan, hehe heran ya..Alhamdulillah lolos tes kesehatan saat di Bandara kan lagi musim swine flu tuh, karena saat itu flu nya baru awal2, n di pesawat aku ga minum jus dan minuman lain kecuali air putih aja. Secara tenggorokan dah gatal banget, mmh…saat sulit itu Alhamdulillah dah terlewati :).

hmm..Hari-hari awal aku disini, keesokan harinya mulai meler dan batuk-batuk gak jelas. dengan berbekal obat-obat dari indonesia Alhamdulillah 3-4 hari dah baikan. Satu minggu terlewati, tiba2 perasaan dingin itu semakin menjadi. Ditambah lagi klo malam dan pagi hari di bagian badanku berasa ruam-ruam merah dan gatel bintik2 kecil. Rasanya gateeeel banget. mmh…menurut referensi suami, Aida sedang mengalami adaptasi cuaca. kemudia dia kasi aku lotion yang biasa dipake orang sini klo cuaca berubah. konon kabarnya klo cuaca berubah, orang-orang sini mengalami hal yang sama seperti yang aku rasakan saat itu. semakin hari semakin aja aku rajin menggosokkan lotion itu ke bagian yang gatal. Terutama selepas dari toilet, mungkin langsung dingin dan berasa sangat gatal. Pun, lain waktu aku ke air suka nyalain heater, hanya untuk berwudhu atau buang air, tapi kan klo melulu pake heater kadang repot juga :(. Gatal-gatal itu sampai saat ini masih suka muncul, padahal aku berusaha memakai lotion sebanyak mungkin.

Akhir minggu kedua, subhanallahnya koq aku mendadak terserang Flu kembali. Tiba2 badan terasa ngilu2, dan tenggorokan sakit. mmh, Aku pikir maybe I should get my periode, mungkin ini bawaan aja. until I got my periode, my body isn`t get better. bahkan, batuknya klo malam tambah parah dan hidung meler juga. Namun, hal tersebut terjadi saat malam hari tiba hingga pagi hari saja. Siang hari, mungkin karena banyak aktifitas sedikit lupa. Dan malam hari kadang sampe mengganggu aktifitas tidur my hubby gara-gara batuk aku. huhu..I`am so sorry for here that, I don`t know, on my history, I can`t have an allergy reaction before.

Baca-baca referensi allergy, sebenernya aku curiga ada reaksi allergy dalam tubuh aku. terlebih aku biasa hidup di negara tropis dan baru kali ini hidup di negara subtropis. Alergi merupakan suatu reaksi tubuh kepekaan abnormal akibat terpapar sesuatu atau zat tertentu yang bersifat allergan. Dalam sejarahnya, dalam hal makanan tak pernah aku alergi, bahkan cuaca indonesia sedingin apapun. Aku pernah intership selama 1 bulan di cisarua lembang yang dingginnya hampir sama sedingin musim semi di korea, namun tak sampai begini. Allergy juga bisa merupakan penyakit keturunan, jika ayah atau ibu punya riwayat alergy, 10-30 % anaknya akan mengidap alergi. Terlebih jika ayah dan ibu alergi, potensi diturunkan pada anaknya akan lebih berarti juga. Nah kebetulan, dari analisis hal tersebut aku inget, satahuku cuma ibuku yang punya reaksi alergi dirumah. klo udara dingin, ibuku suka biduran (kaligata) dan cukup sensitif dengan obat2an tertentu. Hal tersebut diketahuinya saat mama operasi kelenjar di bagian lehernya saat aku kelas 4 SD. mama diduga sensitif terhadap beberapa obat yang menimbulkan ruam ruam merah pada kulitnya. Dan dikeluarga ku, tidak satu pun anaknya yang  sesensitif mamaku terhadap cuaca ataupun obat2an tertentu. kita semua baik-baik saja, namun dalam hal golongan darah secara hanya aku saja yang punya golongan darah sama dengan mamaku. Semua kaka mempunya golorang darah mirip dengan ayah. subhanallah kan…

balik lagi ke cerita alergi, saat aku browsing hal ini di beberapa web. Aku akhirnya faham, reaksi alergi adalah keturunan. Karena mempunya tipe darah yang sama dengan mamaku, bisa jadi aku pun mengidap alergi yang sama dengan mamaku. Lalu kenapa hal tersebut baru berasa baru-bau ini. Yang aku faham suatu reaksi alergi, terlebih suatu agent yang diturunkan memang tidak akan timbul jika tidak ada pemacu hal tersebut. Nah, stimulus itu baru ada saat ini, so…aku kudu sedikit aware dengan hal tersebut.

lantas apa yang harus aku lakukukan. Secara hal ini hanya sebatas analisis biasa aku saja, haha…aku ga berani check up ke dokter. aku pikir, ntar juga iA sembuh. pengennya…yang pasti, jaga makan dan vitalitas tubuh saja. bener kata my hubby jangan minum yang dingin-dingin, banyakin minum yang anget-anget. Dan biasakan pake baju yang tertutup walaupun di dalam rumah. Hal lain juga, seharusnya aku bisa berolahraga…hm, hal ini sedari awal pengen banget. pun belum kesampean dan belum dapat restu jalan-jalan sendiri disekeliling kota :).hal lain yang harus diinget, kadang alergi itu penyakit sugestii belaka…klo aku gak berasa sakit iA pasti sembuh, kuncinya mind and body harus selaras dengan baik.

Semua hal adalah pembelajaran. masih spring da belum winter….aku mau lebih sehat  kedepannya.

cheers up 🙂

CIMG4582Spring di kampus Yeungnam, hmm bagus yah 🙂

Read Full Post »

Health Secret…

…………….Save our life For Family and Nation………..

One day training yang dilaksanakan oleh IHC, sabtu tanggal 17 January 2009 kemarin cukup banyak mengingatkanku akan arti sehat bagi diriku ini. Sebetulnya aku bilang Training ini cukup penting, terutama bagi para ibu yang berperan penting untuk kesehatan keluarganya. Ya biasanya kan..dimana2, klo nanya makan ama apa pasti sama ibu kan :). gak` satu dua orang aku temui di seminar ini. iya lah..memang gak maen2..750 ribu mereka keluarkan kocek hanya untuk memahami arti penting kesehatan buat apa. Plus investasi sebelum bener2 di treatment…maybe :).

Aku bersyukur jadi bagian peserta, pun plus amanah kantor untuk mengikuti program ini. Sejujurnya materi2 yang diberikan oleh Dokter Putty Liswari M.Sc, M.kes ini, udah pernah aku dapatkan di mata kuliah ku dulu dan buku2 yang pernah aku baca sebelumnya. Namun beberapa hal baru aku dapatkan dari beliau, ilmu yang luar biasa indahnya buatku..pastes ibu2 begitu antusiasnya ikut program ini…this program very very important for us for our family and nation Too…

Dr puti sungguh pintar memilih ide dalam trainingnya, berhubung sekarang sedang zamannya back to nature…and zaman herbal berikut food combining dalam segala hal pengobatan. Jadi materi ini cukup mengemas hal2 penting dalam sisi kehidupan kita sekarang. berikut cara penyampaian yang tidak membosankan walaupun kesini perlu waktu meluangkan seharian n rada2 malas awalnya, alhamdulillah..kesannya cukup baik.

Satu hal yang “kepikiran” terus di otak aku, setelah Dr puti berbicara tentang jenis makanan. Makanan terbagi 2 kelompok makan, makanan asam dan makanan basa. Makanan asam, adalah golongan makanan yang lambat di cerna seperti Karbohidrat, Protein dan lemak. Sedangkan golongan makanan Basa adalah golongan makanan yang cepat di cerna seperti buah2an dan sayuran. Lantas aku juga jadi tau waktu masing2 makanan tersebut di cerna : Lemak membutuhkan waktu cerna 6 jam, protein 4 jam, karbohidrat 3 jam, sayur 2 jam, buah 15-45 menit. Subhanallah….dari sini kita tau, kalo makanan asam lebih gak` sehat karena membutuhkan waktu cerna lebih lambat dibandingkan makanan basa. Kemudian info lain, aku jadi tau siklus alami tubuh kita: jam 04-12 waktu pembuangan, jam 12-20 waktu pencernaan, jam 20-04 waktu penyerapan…So`, times menentukan makanan apa yang bagus untuk di konsumsi.

Kesimpulan yang di dapat dari seminar ini cukup beragam, dari ilmu yang sedikit di atas aja kita jadi tau…kenapa makanan asam banyak menimbulkan penyakit “degeneratif”, yaitu penyakit yang kronis yang efeknya perlahan…seperti Diabetes, kolesterol, hypertensi, dan jantung. Klo kita membiasakan makan makanan asam 3 kali waktu bahkan lebih, karena buat orang indonesia roti, kentang dkk adalah cemilan….belum nasi 3 piring sehari dan kebiasaan makan nasi n lauk pauk doang. berapa jam sel2 tubuh bisa mencerna makanan tersebut???….hal tersebut, akan memperburuk kinerja jantung, akan semakin berat n lamban..tentunya memacu kinerja berlebuh hormon insulin yang mengatur metabolisme,, so banyak penyakit yang bisa ditimbulkan. Saran dr Puti, makanan asam dimakan 40 % setiap hari, sedang makanan basa idealnya 60% per hari. Lebih jelasnya lagi, makanan asam 2 porsi perhari, dan makanan basa 3 porsi perhari. So` paradigma kita seringkali salah kan….

sayur_friday-burger2

           makanan basa                                  makanan asam

yang hebat, analisis penyakit dengan methode LBA. sebetulnya cara ini gampang, semua orang yang punya mikroskop di rumahnya, atau keseharian rutinitas di Lab bisa coba2 dengan cara ini. tinggal tetesi darah kita ke kaca objek kemudian pake minyak emersi bagian kaca mikroskopnya dan diamati kondisi darahnya…Darah yang bagus, bulat2 terpisah…plus tidak banyak pengotor. Kondisi darah menggambarkan kebiasaan makan orang tersebut. Kenapa darah,Sel darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh dan mengangkut sampah tubuh ke luar, bila mekanisme ini terganggu maka :sampah tubuh menumpuk,kekurangan energi, kematian sel lebih cepat dibanding pembangunan/perbaikan sel, organ tidak berfungsi dengan optimal, penuaan dini dan penyakit degeneratif. Look at this:

lba012lba021

Darah normal                            Darah orang yang sakit

Klo sudah melihat beda keduanya, kita jadi faham..darah orang yang sakit nempel2 satu sama lain menurut dr Puti itu darah yang rajin makan kolesterol, kemudian diluar kasus ditemukan banyak kristal di sekitar sel darah kristal tersebut juga diduga sebagai sampingan dari makanan2 yang gak` steril juga indikasi gak` sehat, yang lebih menarik tentang radikal bebas. Radikal bebas bisa menyerang apapun yang ada. Istilahnya dia tak pernah tau mana teman mana lawan di lingkungan darah. Radikal bebas terbentuk dari proses pernafasan dan proses pencernaan. Lho…apa yang salah?? at least setiap kali bernafas kita mengurangi sisa umur? itu benar kan…lebih jelasnya, ini berkaitan dengan proses menghasilkan energi melalui sistem pernafasan. Bernafas mekanismenya kompleks ga` hanya menghirup O2 dan menghisap CO2 saja, disana terdapat mekanisme mendapatkan energi dari sel2 tubuh yang kita miliki, apabila zat racun banyak masuk ke tubuh kita, tak lain menghasilkan energi yang ga` maksimal plus membuat sel darah berbentuk durian. Hati-hati lho dengan Radikal bebas, karena mereka lah yang merubah fungsi selain bentuk sel. Sudah pernah dengar penyakit Lupus “auto immune”, nah salah satu penyebabnya karena begitu banyak dihasilkan radikal bebas di darahnya yang membuat kelainan pada fungsi sel. Selain itu juga memacu penyakit tumor dan kanker. Nauudzubillah…

Lalu yang menarik, dr puti juga mengkaitkan penjelasan dengan banyak hadist Rasullah SAW :…

Rasulullah saw:
Anak cucu Adam tidak boleh memenuhi perutnya dengan cara yang buruk. Ukuran makan yang semestinya bagi anak cucu Adam adalah sekedar untuk menegakkan tulang belakangnya. Jika tidak, yang layak baginya adalah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk
jiwanya
.”
Maka tak heran Rasul mengajarkan kita untuk aware about makanan kita, selain halal dan thoyyib juga gak` boleh rakus :p…..

Lets See about mind and body soul, Luar biasa Allah memberikan energi kepada tubuh kita agar senantiasa berfikiran positif selalu. Banyak sekali kisah nyata kesembuhan orang2 yang telah di vonis mati beberapa hari lagi, akibat semangat yang membara untuk sembuh atas dirinya. Alhasil pikiran mempengaruhi proses kesembuhan lho…

banyak cerita menarik disini, kisah seorang kakek tua yang mengidap penyakit kanker, dia divonis 1 bulan lagi meninggal karena kankernya udah sampai ke stadium 4 dan kondisi yang udah tua tak tahan memikul beban di tubuhnya. kanker yang di idap kakek memang cukup jarang sehingga masih blm ditemukan obatnya, namun sedang dalam penelitian untuk memberikan obat atas penyakitnya. kemudian sang kakek luarbiasa semangat atas kesembuhannya karena dia yakin obatnya sebentar lagi rampung..awalnya Dokter2 ragu memberikan obat tersebut pada sang kakek, karena obat tersebut baru tahap percobaan. Tapi kakek bersikeras dan yakin klo obat itulah yang akan menyembuhkannya…dokter akhirnya memberi izin beliau memakan obat tersebut. Diantara sekian pasien yang diberikan obat percobaan tersebut, hanya kakek itu yang mengalami perubahan drastis menuju kesembuhan. 1 bukti sudah dilewati, lantas tiba2 kakek tau klo hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa obat itu tidak berfungsi mengobati kankernya. dan dia pun kembali rehat di RS dan kondisi lebih kritis dari sebelumnya, dan dokter kemudian memberi suntikan air yang kemudian dikatakan pada sang kakek, bahwa ia menemukan obat baru….bukan main girangnya sang kakek sehingga ia pun yakin suntikan air itu akan menyembuhkannya..ajaibnya kakek kembali sembuh dari sakitnya…

Ada satu cerita yang mungkin bermanfaat buat anda yang mengidap alergi??..ada seorang dokter yang istrinya terkena alergi gatal apabila musim gugur tiba di salah satu kota kecil di daerah afrika. Alergi tersebut disebabkan karena ada tumbuhan golongan lilyceae yang menebarkan bulu bunganya pada musim gugur. selain bersin gatal2 menjalar di seluruh tubuhnya, dan ia gak tahan untuk mencium udara kota itu. Tentunya sang dokter kasian melihat kondisi sang istri dan setiap kali musim gugur tiba ia berlibur di kota lain. sampai akhirnya, kota tempat ia berlibur dilanda ujan lebat tak terkira, yang membuat ia harus kembali ke kota asal. sewaktu di pesawat, tiba2 berhenti di jam yang belum ditentukan. sang istri bertanya apa ini sudah tiba di kota x, sang dokter bilang ia. Lalu sang istri bersin2 dan gatal2 tak ketulungan..pramugari khawatir dan menghampiri, ada pelayanan yang salah? kemudian sang dokter menceritakan perihal istrinya. lalu sang pramugari bilang, ini belum sampai kota X kita transit sebentar. nah dari sini kita dapat kesimpulan menarik kan….

Rahasia semua itu ada di mind and body soul. rahasia istimewanya ada di kata sandi “neurotransmitter”. suatu zat kimiawi yang diransang pada saat proses sistem saraf berlangsung. zat kimiawi yang terdapat pada neurotarnsmitter sangat dipengaruhi oleh kinerja hormonal dan otak kita tentunya. Ini pula yang menjawan kenapa stress menyebabkan berbagai macam penyakit…karena saat kita stress, pola pikir yang terbentuk adalah depresi melulu berakibat sistem tubuh tergerak tak maksimal dan sangat berbahaya bagi sel2 tubuh. Orang stress identik dengan nafas cepat, itu pun berbahaya karena memacu radikal bebas yang lebih banyak….

Finally, begitu banyak hal yang indah dalam tubuh kita…sampai satu titik, bahwa pemeliharaan atas semua ini adalah penting bagi kita. Berarti juga kita telah bersyukur atas apa yang Allah berikan…karena itu jangan sia-siakan ya kawan…

-Sabtu, 16 january 2009-

 

Read Full Post »

hmm..akhirnya, hari ini aku mengakhiri hari begadang aku. semoga nanti malam bisa tidur dengan nyaman….

Alhamdulillah, tugas 1 departemen dah kelar Da kerjain…ayo Da semangat masih ada 3 departemen lagi…tapi seneng2 akhirnya beres ngerjain semua in english..

Research Proposal :

 

Maldigestion known as Lactose intolerance is manifested in 50% of world population (13). In ASIA and AFRICA more than 90% of the people have lactose intolerance.  Low levels milk consumption and drinking milk are unusual in the Asia and Africa. This will cause possible affect maintenance of low lactase levels in Asian and African (10). In fact, in Asia per capita milk supply has approximately reached only 100 g or less per day. While in European or Australian  per capita milk supply has been reached 600 g per day.(3).

Lactose is milk sugar which has to be cleaved into these constituent parts (glucose and galactose) inside the intestines to reach the blood circuit. The enzyme lactase (β-Galactosidase) is responsible for this process. If a person has a lack of lactase so he is said to be a lactose intolerance (6). Lactose intolerance causes flatulence, diarrheea and paroxysmal aches because the milk sugar can`t be cleaved and in the large intestine it is undigested and can be transformed into several gases and lactic acid.

The importance of β-Galactosidase is related to its use in milk and milk derivatives to decrease their lactose content, solving problem of low lactose solubility and its low degree sweetening. Furthermore, the economic interest in this enzyme is related to its use in food and pharmaceutical industries, because of the deficiency of β-Galactosidase is found in many people (11).

Some bacteria and yeast can produce β-Galactosidase. Such as Escherichia coli (9), Streptococcus lactic (12) and several yeast such as Candida pseudotropicalis (7), Saccharomyces lactic (4)  and various species of the genus kluyveromyces (5).

The production of lactase by yeast or bacteria has been investigated by several authors. M.I. Rajoka et al., (2003) have been experimented by using Kluyveromyces marxianus. The optimum temperature for the production was found in 35-370C, the highest volumetric productivity of enzyme occurred on corn steep liquor medium. Furthermore, S.A Furlan et al., (2000) demonstrated that Kluyveromyces marxianuswas able to grew on sucrose containing media like sugar cane molasses. As we know sugar cane molasses is the main by-product from the sugar industry, which can be used after dilution as a cheap carbon source for fermentation processes. Sugar cane molasses is also rich in sugars, most in fermentable forms like sucrose, fructose, and glucose (8).

The purpose of this work is to produce lactase from pre-selected yeast or bacteria intended to be used to formulate lactose free milk. In the present work, the production β-Galactosidase from several microorganisms are evaluated by liquid fermentation. This present work uses a weak anion exchanger STREAM LINE-DEAE in order to recover β-Galactosidase from microorganisms homogenate, whilst simultaneously purifying and concentrating the enzyme (1). The measurement are focused in β-Galactosidase activity and the highest concentration of β-Galactosidase every microorganisms. Microorganisms which will get the best of β-Galactosidase production and will be considered by GRAS (Generally Recognised As Safe) are chosen as a result from this research.

 

hihi pamer ni…ini cuma introduction doang ko…kloo sama yg lain2 kepanjangan..yah akhirnya, perjuangan cukup berat…

 

yuk semangat Da…masih ada 3 term lagi…

-Cheers Up-

Aida (june, 6 2008)

 

Read Full Post »

untitled1.jpg 

Kuntum khoiro ummatin ukhrijat linnaasi ta` muruu na bil Ma`ruufi wa tanhauna ‘anil munkari wa tu` minuu na billaahi….

Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah….(QS:3;110)

Satu ayat, yang seringkali kita baca dan cukup mengingatkan kita akan tugas dan tanggung jawab kita terlahir di dunia ini. Ada tiga hal yang mesti diingat, pertama kita harus bersyukur, karena kita terlahir dalam suatu kesempurnaan dibandingkan mahluk hidup lainnya. Allah katakan ukhrijat linnaas…at least kita umat terbaik, dibekali akal dan pikiran untuk digunakan sebaik2nya. Yang kedua, dari penciptaan akal dan pikiran tadi manusia diberi tugas untuk berbuat baik, jadi si akal dan pikiran ini harus dipergunakan untuk hal-hal yg baik saja. Terus yang ketiga, tujuan akhirnya untuk Allah dalam rangka Iman kepada Allah…wallahu`alam

Cerita ini aku persembahkan buat teman2ku yang sedang menanti kelahiran bayinya…:)Ingatlah..sungguh berbahagia bisa mengandung, dan terdapat kehidupan dalam perut kita..(ups..jadi pengen :p), artinya…Allah sudah memberi amanah besar buat kita, kita diberi kepercayaan olehNYA untuk memberikan perawatan dan kasih sayang pada seorang manusia. Tumbuhnya dan berkembangnya mereka adalah tanggung jawab kita untuk Allah kelak…tak jarang, ibu yang sholehah insyaAllah anaknya juga pasti sholeh amien :)…

Alhamdulillah pelajaran ini udah saya minati dari sejak kuliah dulu..ups, kebetulan bidang yang saya geluti medical science specification of biology development and neuroscience. Bagi saya 9 bulan perjalan seorang ibu mengandung, tersimpan rahasia Allah yang sangat amazing. Dari 9 bulan, Allah ciptakan 3 periode kehidupan, trimester pertama hingga ketiga. Di trimester pertama masa rawan buat sang ibu, dari mulai ia dinyatakan positif hamil, kemudian bagaimana sang ibu mengkondisikan agar si Zigot (Sel telur yang telah dibuahi) melakukan pembelahan secara mitosis terus berkembang sampai membentuk rupa seorang manusia. Dari satu sel harus menumbuhkan berjuta-juta sel itu tidak mudah dan sang ibu harus melawan berbagi macam rintangan. Dari pola makan yang mendukung pertumbuhan sel, ancaman hipertermia dan hipotermia suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan terhentinya pertumbuhan sel bahkan kematian sel…Nau`dzubillah. Makanya ibu hamil gak boleh terlalu kedinginan atau demam tinggi.

Rintangan lain, asupan makanan yang masuk harus terkontrol dari zat-zat berbahaya, hindari makanan yang mengandung alcohol, kafein, nikotin, Drugs, obat2an tanpa resep Dokter, bahkan vitamin tanpa anjuran dokter jangan terlalu dipaksakan dikonsumsi. Sebagai contoh, terlalu banyak mengkonsumsi wortel yang diduga sebagai sumber Vit-A, pada ibu hamil justru menghentikan pertumbuhan sel-sel organ mata sang janin…yang terpenting lainnya, makanan penuh zat warna harus juga dihindari, dan jangan terpapar terlalu lama pada cemaran logam berat..ya barangkali si ibu bekerja di pabrik dan terbiasa terpapar logam2 berat toksik, itu sangat berbahaya

Banyak tau jadi banyak takut euy…ya lain dari pada itu hanya Allah sesungguhnya yang lebih kuasa atas segala sesuatu, makanya harus juga banyak berdoa, zikir and baca Qur`an..Tahap selanjutnya, trimester kedua dan ketiga adalah saat-saat sang janin belajar memfungsikan organ2 tubuhnya. Ingat gak`, biasanya ibu2 suka ada pengajian 4/5 bulanan…diduga, 4/5 bulan ini Allah meniupkan Ruh pada sang Bayi. Mmh..secara medis umur segitu mulai berfungsinya organ jantung, so` kita bakal merasakan detak jantung sang bayi pada perut kita…subhanallah.

Begitu selanjutnya pencernaan mereka, dan biasanya saat2 ini nafsu makan agak bertambah maklum lah makanan janin berasal dari makanan kita yang kita beri melalui barier plasenta. Klo temen2 udah pernah liat barier plasenta, pasti terkagum2…klo yg belum, yang penting tau disana tempat menyatunya pembuluh dari ibu dan pembuluh darah janin lewat lubang pusarnya (biasanya orang menyebutnya tali ari2). Si janin tidak mendapat makanan langsung, tapi yang ia dapat berupa darah yang mengandung sari2 makanan dan suplai oksigen juga. Ya..buat beberapa orang awam pasti berfikir, bagaimana cara janin bernafas, bagaimana ia makan, dan bagaimana ia pups..mmh, sebetulnya saat masih dalam kandungan paru2 belum difungsikan. Karena suplai oksigen masih sangat tergantung ibu. Dari posisinya pada perut ibu, yang tidak memungkinkan dia untuk bernafas.Suplai makanan ia dapat dari darah sang ibu yang mengandung sari2 makanan. Sebetulnya, saat dalam rahim kita mereka berenang2 di cairan amnion seperti seekor ikan dalam akuarium bulat :p.nah sisa metabolisme sang bayi juga bisa langsung disalurkan di cairan amnion ini. Tak perlu khawatir janin kelilipan atau makan amnion terlalu banyak, secara lubang2 dalam tubuhnya belum sempurna terbuka. Makanya itu kenapa janin bisa menendang sang ibu klo beliau nakal…ups, haha konon kabarnya itu adalah sentuhan awal sang janin..perkenalan.

Trimester terakhir biasanya mulai terjadi interaksi dan janin dikabarkan sudah bisa mengenal suara ibunya. Makanya disinilah fungsi sang ibu bertambah, selain memberi asupan yang cukup juga harus ada interaksi, banyak2 mengelus perut dan katakan I love U. .beri komunikasi yang baik, elusan sayang..hehe, tentu sang ibu juga wajib melakukan hal2 yang baik dan dilarang berkata kasar!! Libatkan ia dalam setiap aktifitas kita, bahkan beri harapan baik pada sang janin agar kelak ia tumbuh sebagai generasi yang baik…amien.

Pada saat terjadi kontraksi, konon kabarnya kata orang2 si…sangat sakit tapi nikmat klo kita tahu taruhannya adalah syahiiid…sangat sulit dibayangkan, kepala bayi yang biasanya agak lebih besar bisa keluar dari mulut vagina kita…namun, kegigihan sang ibu dan kerelaannya wlopun dalam kondisi tersobek beberapa centi demi sang baby juga merintih sakit tak berasa, yang ada hanya suara tangis bayi yang buat ia pun terenyuh haru…Namanya sekarang dah bukan janin, tapi bayi…subhanallah. Ada beberapa hal yang wajib kita tau, bahwa perjuangan bayi menerima kenyataan pedihnya didunia berawal dari sini. Olala…tentunya, bayi harus beradaptasi dengan yang namanya dunia baru. Di rahim, bagaikan surga buat dia, secara dia gak perlu melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi intinya sang bayi butuh beradaptasi dengan lingkungan baru. Dari air jadi udara, at least harus memforce paru2nya untuk bekerja menghirup oksigen…ciri2nya pada saat keluar dari mulut vagina ibu, kemudian ia menangis, berarti paru2nya dah berfungsi dengan baik..sangat bahaya klo kenyataan dia tidak menangis..dan biasanya langsung membiru seluruh tubuhnya..masyaAllah apa yg terjadi dengan dirinya?? Ya…tidak selalu mudah kan untuk mencoba hal yg baru, terkadang ada suatu kondisi biasanya dipacu dengan keterlambatan kelahiran yang membuat si bayi kemasukan cairan amnion dalam rahim ibu, terlalu banyak fatal bagi paru2 karena menjadikan paru2 bayi kotor dan menyulitkan ia untuk melalukan “the first of breathe”, kasian kan..makanya itu,dalam proses kelahiran diupayakan didampingi dokter kandungan, dokter anak, juga bidan.

Setelah ia lahir, nambah lagi tugas ibu yaitu menyusui, karena ini hal terpenting bagi bayi…dari penelitian medis terbukti menyusui adalah proses mengkondisikan bayi agar tidak terlalu kaget menerima lingkungan yang berbeda. Peluk hangat sang ibu yang ia butuhkan, karena dekapan kita mirip2 dirahim sana. Dekapan ibu juga tersimpan rahasia interaksi, kasih sayang dan ketulusan. Makanya agar air susunya keluar dengan baik, yang utama siapkan NIAT…kita ingin memberikan yang terbaik, terbukti secara medis dibuktikan air susu ibu pertama mengandung imun2 penting yang menjaga bayi dari berbagai resiko penyakit dan kotornya dunia :p, dan hal lain menyusui menurunkan sifat kasih sayang ibu pada anak yang membuat bayi akan berperasaan lembut dan penyayang…dan hal ini tidak bisa tergantikan oleh susu formula sekeren apapun kandungannya!!

Perkembangan selanjutnya, sangat dipengaruhi oleh dua factor bahasa kerennya “nature and nurture”…nature, terjadi alamiah….ortu pintar gen pintarnya sedikit berpengaruh. Dan nurture tergantung di lingkungan mana ia dibesarkan. Terkadang nature akan berkompetisi dengan nurture, tergantung pola didikan si ibu. Hal yang utama adalah Don`t leave me alone…makanya orang punya bayi pasti dikasi cuti saat lahiran.Fungsi interaksi yang pada saat hamil sudah kita jalin, akan memudahkan bayi mendengar suara sang ibu. Yups..bayi tuh kan sering menangis…tapi terkadang didekap oleh sang ibu, atau mendengar suara sang ibu serta merta ia akan berhenti menangis. Ya itu mencirikan keberadaan ibu memberi rasa nyaman untuknya. Dan kita harus terus melatih dirinya menjadi manusia teladan yang sempurna, terus berikan yang terbaik untuk perkembangannya, dan upayakan agar tetap bersama, walo bisa jadi kita harus pergi bekerja gak` masalah selama interaksinya tetap ada in everyday…
Ada satu kasus, yang buat aku jadi faham…temenku bercerita, mba iparnya pergi study abroad, padahal saat itu dia baru lahiran kurang lebih 1 bulan. Karena studynya gak` mungkin ditunda, dan dia pikir mumpung masih bayi 2 tahun gpp saya tinggal, dan bayi itu tumbuh besar di pangkuan sang nenek. Dia mengaku, awal2 hari dia kuliah gak bisa tidur, gak bisa makan dll…dan si nenekpun mengeluhkan hal yg sama, si bayi luarbiasa rewelnya..akupun tak tega menceritakan kisah selanjutnya. Setahun berlalu, si anak tumbuh dengan asuhan sang nenek, si ibu pulang sebentar untuk melepas rasa kangen….dan apa yang terjadi, si anak sama sekali tak mengenali sang ibu. Sedih ya…dilupakan anak sendiri. Sampai ia pun menangis sejadi-jadinya..dan tak mau balik lagi ke negeri tempat ia sekolah…Fitrah kita untuk memperbanyak berinteraksi dengan mereka memang…kadang kita (akhwat) agak dilematis menghadapi hal ini, dan menurut saya hal tersebut tidak bisa dicari siapa yg lebih layak didahulukan. Masalah anak dan amanah…buat aku pribadi, anak adalah kewajiban kita dan fitrah kita..klo kita punya amanah ya harus dikerjakan keduanya dan tidak ada yg tidak mungkin klo Allah berkehendak, minta pertolongan Padanya akan beratnya amanah yang dipikul bagi seorang wanita. Walau bagaimanapun bukan hal yang mudah menemani masa2 perkembangan our baby…butuh ketelatenan dan kesabaran. Terlebih tentang brain development.

Ada beberapa hal yg wajib diketahui, ada beberapa organ yang baru akan berkembang pasca kelahiran. Pas lahir banget, system saraf dan system hormon baru akan berkembang, dan tahap selanjutnya system reproduksi, tahap ini mulai berkembang jika sang anak akan menginjak masa Aqil baligh, tapi mereka tetap harus kita persiapkan dengan baik, masalah hijabnya, pergaulannya, juga kesehatannya. Otak bayi, sangat kosong pada saat lahir, hanya seperti tempurung dan neuron2 segar tanpa ada sambungan satu sama lain. Makanya ia hanya bisa menangis klo pengen sesuatu. Sebagai contoh, coba teman2 pikirkan, adakah yang ingat betul saat kita masih baby..hehe pasti gak ada. Itu artinya, otak kita belum berfungsi. Nah di awal2 hari bayi menikmati dunia, cobaan berat sebetulnya buat dirinya karena dia harus memfungsikan setiap neuron yang Allah sudah ciptakan untuknya. Sebagai gambaran, pola kerja system saraf mirip saluran telepon. Klo kita mau nelepon dari rumah A ke rumah B, jaringan telepon akan mencari berbagai jalan agar jaringan yang dimaksud sampai secara tepat. Dari A ke operator dari operator ke B. nah sang bayi pasti di awal akan sangat sulit untuk finding the way. Tapi ia butuh latian yang berulang2, yang berarti bayi butuh stimulus untuk melatih kinerja otaknya dan menyambungkan axon demi axon yang masih putus nyambung. Stilmulus itu ia dapat dari lingkungan, jadi intinya ibu yang rajin memberi stimulus berkolerasi dengan perkembangan yang cukup baik pada otaknya. Jelasnya, peran sang ibu lah yang bertanggung jawab atas apa yang terisi di otak sang baby. Ibu mana yang pengen anaknya jadi penjahat, semua ia kerahkan untuk kepentingan san baby..dan saya sangat yakin akan hal itu.

Yups, jelas sudah akan ada banyak hal yang kita jadi tau dari semua keajaiban penciptaan Allah SWT. Tentunya semakin membuat aku sangat bersyukur, dengan ilmuNYA lah..kita jadi banyak bersyukur atas penciptaan yang sangat amazing ini. Sampai akhirnya kita tumbuh dengan baik sampai sebesar ini berkat asuhan sang ibu, sekarang tinggal persiapkan hal-hal yang baik untuk siap menjadi seorang ibu. Being a mother..maybe ini adalah harapan setiap perempuan…dan ditangan2 ibu lah generasi terbaik akan tercipta…

Wallahu`alam

Bandung, 25 Desember 2007

 

Read Full Post »

51n0zqew55l.jpgBerawal dari kisah lama, tentang usaha seorang ilmuwan ternama bernama Francis Collins. Usahanya yang telah berhasil mengurutkan 3 miliar urutan huruf kimiawi yang berhasil ia himpun menjadi urutan DNA, yang menyusun kromosom manusia. Hasil riset ini sangat luarbiasa, sehingga mengantarkan beliau menjadi leader human genom project  untuk melakukan riset2 penting lainnya. Yang menarik, penemuan ini  mengantarkan Collins untuk menerbitkan buku yang berjudul the language of GOD, dimana sedikitnya Collins bercerita mengenai teori penciptaan, inti dari semua itu adalah betapa Tuhan luar biasa menciptakan manusia.

Sayangnya, seorang Collins adalah seorang Nasrani…namun, segala bakti penemuannya itu ia gunakan sebagai bentuk bahasa Tuhan yaitu pesan kepada seluruh umat manusia. Idenya cemerlang, namun tetap saja pemahannya salah terutama masalah akidah yang ia pegang. Satu saja yang sangat saya sayangkan, dan sedikit berandai-andai mengapa ide cemerlang tersebut tidak berasal dari seorang ilmuwan islam?? Yang bisa jadi melebihi kepiawaian Harun Yahya dalam menerangkan teori penciptaan, subject risetnya sedikit, focus hanya about DNA tapi pasti dan menghasilkan karya nyata untuk pemikiran ilmuwan2 yang lain..wallahu`alam. Yang menarik lagi, sempat baca majalah National Geographic edisi February 2007. Disana ada wawancara antara Collins dan seorang atheis. Collins sempat mengemukakan, bahwa yang namanya science must believe on religion, between science and religion can be reconciled (maaf, rada2 lupa kata2 pastinya apa). Sedangkan, si Atheis masih berfikir buat apa ia mengandalkan kekuatan Tuhan dalam apa yang ia cari, karena menurutnya Tuhan belum pasti memberikan apa yang ia inginkan…mengapa masih ada orang2 miskin, bencana alam, dan kepedihan2 on this world??. Dengan senyuman, Collins menjawab “Prayer 4 me is not a way to manipulate God into doing what I want. Prayer 4 me is much more a sense of trying to get into fellowship with God”. Kurang lebih bahasanya seperti itu…Yups, sepakat, karena buat kita kehidupan di Dunia hanya tempat beramal dan berjuang di JalanNya bukan akhir dari kebahagiaan…

Konsep ia dalam menjelaskan itu semua, pada akhirnya mengantarkan ia pada penolakan teori Evolusi Darwin. Baginya,  lebih berguna nobility of humankind-nya mother teressa atau oskar schlinder, apa yang mereka lakukan jelas2 meninggikan derajat Tuhan di mata manusia, sedangkan Darwin di matanya hanya bisa berhipotesis dengan teori kebetulan yang ia pegang. Darwin hanya bisa menjelaskan bahwa altruism help the group survive, that is evolution. Lalu kitapun bertanya, apa bukti nyata dari semua itu, kenapa bisa berubah ??dan semua tidak mungkin hanya bisa difahami dengan teori kebetulan…Jujur saja bagus juga si…setidaknya, cerita Collins itu mengantarkan saya untuk terus mencari tau, kemajuan ilmuwan islam sudah seperti apa. Dan ada satu buku yang sempat saya baca, 147 ilmuwan terkemuka dalam sejarah islam. Saya hanya ingin bernostalgia dengan kejayaan islam masa lampau…Sedikit tentang kebenaran yang terpendam sekian lamanya, dan barangkali sangat sedikit yang tau ataupun sadar akan hal ini. Dulu islam pernah jaya, dengan segala macam ilmuNYA…mereka adalah orang-orang shalih, yang luarbiasa berjuang dengan IlmuNYA sehingga menemukan teori2 penting tentang penciptaan Allah SWT yang luarbiasa. Mereka semua adalah orang yang patut kita tauladani, karena mereka berkarya dan mereka beriman dengan karyaNYa, bukan lantas menafikkan….tidak seperti Collins yang salah menempatkan akidah, bahkan Darwin yang menyalahi aturan. Bukan nobel yang mereka cari, hanya Ridho Ilahi, pun selanjutnya karya mereka terkubur dan tiba2 tergantikan oleh orang2 yang dengan seenaknya menginjak hak cipta orang2 islam, hanya dengan publish penemuan, ataupun teori yang belum teruji kebenarannya…..

Jadi merasa tertipu, ada satu kisah yang membuat saya berdecak kagum. Kisah seorang Abu Bakar Ar-Razi dan Ibnu Sina, Secara dari kecil memang pengen jadi dokter..jadi yang paling diinget ilmuwan2 yang berkiprah di . Bagi yang sudah pernah ambil mata kuliah Mikrobiology, anakJdunia kedokteran Bio, mikro, Kedokteran, Farmasi, kimia barangkali mungkin pernah tau tentang teori patogenesis oleh Louis Pasteur. Ada 3 postulat, klo saya gak lupa (ehm..males baca lagi bukunya euy…dikira2 aja). Yang pasti didalamnya menerangkan bagaimana mikroorganisme bisa menimbulkan penyakit…ingatkah??. Nah akibat postulat inilah yang selanjutnya membuat orang2 berinisiatif untuk mengurangi resiko terjangkitnya penyakit, dengan sterilisasi lingkungan, pembuatan Rumah sakit, sampe ke merekayasa si mikroorganisme menjadi sebuah vaksin, antibiotic dll…Padahal alih2 saya baca Ar-Razi dan Ibnu Sina jauh2 hari sudah mengajarkan konsep hyegene pada lingkungan sekitarnya, dikisahkan bagaimana Ar-Razi memilih tempat untuk menjadi rumah sakit dengan cara menyimpan sekerat daging, dimana daging yang lekas membusuk berarti mempunyai tingkat sterilitas yang lebih buruk dibandingkan daging yang tidak lekas membusuk. Bahkan ibnu sina jauh2 hari sudah menemukan bahwa di dalam tubuh kita terdapat hewan2 parasitic yang dapat menimbulkan penyakit. Yang saya heran, kemanakah bukti2 penemuan mereka semua, harapan saya inginnya buku2 yang saya pelajari adalah seputar kebenaran kuasa ilahi oleh tangan2 mereka bukan orang-orang Barat yang tak tahu menahu tentang peradaban islam di masa itu. Ya…tapi itu mungkin hanya mimpi, tugas kita tinggal menggali kembali penemuan yang dulu telah ada dan jadikan mereka sumber inspirasi dan sumber kekuatan baru untuk menambah keyakinan kita kepada Sang Maha Pencipta…Setidaknya, hal ini memberikan statement dan harapan pada diri saya untuk ambil bagian dalam meruntuhkan teori . Walo hanya sebagai orang yang tau saja..bukan subject, minimalJEvolusi kelak  jadi bahan konsumsi anak2 saya kelak…:)
Sedikit saja tentang DNA, mengingat kembali beberapa hal yang pernah saya pelajari waktu kuliah dulu, secara sadar ataupun tidak ups…:p, ya saking seringnya nemu bab DNA. Kenyataan, dalam diri si DNA ini banyak sekali penemuan penting yang memperkuat teori penciptaan. DNA terdiri atas miliaran urutan senyawa kimia yang berhasil Si Collin temukan dan runutkan, kemudian kumpulan DNA ini akan membentuk kromosom yang menyusun sel tubuh dan sel kelamin seorang manusia. Sel tubuh (autosom) terdiri atas 46 kromosom, dan sel kelamin (gonosom) terdiri atas 23 kromosom. Hal inilah yang mentakdirkan kita pure hasil perpaduan sifat ayah dan ibu kita. Kromosom2 tersebut tersimpan rapi dalam sebuah nukles (inti sel), nucleus terbalut rapi dalam sebuah Sel. Nah…sel-sel inilah yang bertanggung jawab menyusun tubuh kita. Istimewanya dari sebuah zigot perpaduan 2 sel kelamin ayah dan ibu. Akibat kasih sayang Sang ibulah yang membuat zigot tumbuh luar biasa menjadi seorang manusia cerdas dan beriman:)..amiien. istimewanya, sel-sel ini tidak hanya mempunyai kemampuan memperbanyak diri menjadi 1 individu utuh, tapi selain itu mereka juga membentuk sebuah keteraturan. Antar sel ada yang namanya kordinasi, selain untuk pembelahan yang dikenal dengan peristiwa mitosis dan meioisis, Sel-sel juga berkordinasi satu sama lain untuk menciptakan keteraturan agar si manusia terjaga stabilitas hidupnya. Peristiwa pembelahan sel juga tidak hanya berlaku di masa pertumbuhan, secara orang tua pun membutuhkan pembelahan sel, karena saking sayangnya Sel pada manusia, yang rusak ia service sendiri, yang mati ia ganti dengan yang baru… Bayangkan soleh banget kan si sel ini…:) Apa yang membuat si Sel berkordinasi, tiada lain ada peran DNA yang prosesnya dinamakan sintesa protein yang didalamnya terdapat 2 proses penting yaitu transkripsi dan translasi. Produk dari sintesa protein ini diantaranya sinyal2 penting yang diperlukan sebagai alat komunikasi dalam berkordinasi. Semacam enzim/hormone yang teman2 ketahui, merupakan produk2 dari sintesa protein. Dengan sinyal2 penting ini, at least dalam tubuh manusia terdapat keteraturan. Masing2 sel punya tugas masing2 dalam menjaga manusia, acung jempol buat sel darah putih yang siap menerkam habis mikroorganisme yang masuk tanpa permisi ke aparat sebelumnya. Yups, siapakah aparat sebelumnya itu??, ya tiadalain adalah flora normal (golongan mikroorganisme baek:)) yang menyelimuti seluruh sel epitel organ tubuh kita, dalam rangka baktinya pada kita mereka menyiapkan lingkungan berupa pH yang pas sehingga tidak tersusupi oleh mikroorganisme jahat. Subhanallah kan mereka…
Lalu, mengapa kita sakit??. Ya dalam Al-Qur`an disebutkan, bahwasanya hanya manusia yang menciptakan kerusakan dan merasakan sendiri akibat kerusakan dari yang mereka perbuat. Intinya manusia sendiri yang menciptakan kesemerawutan dari keindahan ciptaan Allah dalam tubuh kita. The example on this story, pemakaian yang salah dari obat sintesis , pola makan yang tidak sehat, kebiasaan jelek, drugs, merokok, fast food, junk food dll…yang membuat kinerja pasukan tubuh melemah…setelah ini, Fabiayyi aalaa irobbikumaa tukadzibaan…ya nikmat Allah yang mana lagi yang kita dustakan, Astagfirullah..

Now, look at the surrounding arround. Beautiful sky, loving family, carest our friendship, halalun our food, and ketersediaan apapun yang kita butuhkan. Subhanallah….itu semua ada berkat keteraturan kehidupan di lingkungan kita. Manusia hidup dalam suatu habitat, kumpulan habitat tergabung dalam populasi, kumpulan populasi tergabung dalam komunitas, kumpulan komunitas ekosistem, dan kumpulan ekosistem adalah biosfer…bagaimanapun dari setiap wilayah yang ada Allah berikan keteraturan. Kata siapa binatang tidak taat kepada Allah, boleh jadi ketaatan mereka jauh melebihi ketaatan kita mahluk yang dikaruniai akal dan pikiran. Mereka bertasbih dan bentuk tasbihnya mereka hanya Allah yang tau :p, mereka bersujud, ruku tunduk dan pasrah atas perintah Allah. Tugas mereka tiada lain menciptakan keteraturan di bumi ini. Dari SD pernah kita diajarkan yang namanya ekosistem, dimana setiap ekosistem terdapat keteraturan antara factor biotic (hidup) dan abiotik. Didalamnya ada yang namanya rantai makanan, dimana mikroorganisme yang terpendam dan kondisinya sangat terkucilkan dari dunia luarpun sangat bermanfaat demi menjaga keteraturan. Sebagai Contoh, , sang perawat bilangJsaya ada sedikit kebun di rumah…dan tentu ada perawatnya ke saya betapa ia khawatir apabila ia tinggal kebun tersebut beberapa saat, klo sore pergi khawatir ga ada yang nyiram, klo hujan khawatir daunnya membusuk karena kemasukan banyak air, klo panas khawatir daunnya kering tak ada air. Itu kisah si perawat kebun yang luasnya sekitar 2×3 meter sungguh sangat kerepotan dengan rutinitasnya…lantas bagaimana Allah merawat sang hutan, kecuali klo penghuni hutan2 tersebut yang patuh dan taat sama yang punya. Dan sekarang keteraturan in our surrounding, kembali di rusak oleh tangan2 manusia yang jahil….MasyaAllah 😦 Mumpung lagi hangat isu climate exchange, krisis karbon yang 20 tahun kedepan barangkali akan di nikmati oleh anak cucu kita kelak. Karbon yups, senyawa paling essensial sebagai pondasi dalam kehidupan. Bahkan, DNA kita juga terdiri atas senyawa2 kimiawi yang disusun atas untaian karbon, sangat mendasar. Dan kita manusia sebagai subjek penghasil karbon terbesar. Sebagai bukti saja, klo kita ada di dalam ruangan sendiri pake AC pasti akan berasa dingin, namun kemudian teman2 kita masuk memadati ruangan kita alhasil dinginnya AC sudah tak berasa…artinya, peningkatan kadar CO2 dari nafas kita menimbulkan efek panas…efek panas menimbulkan tingkat bahaya yang sangat beragam, bukan saja , namun ada yang lebihJmenghancurkan kulit kita karena sering kepanasan  penting, hujan asam, mencairnya es di kutub, menngkatnya volume air laut, perubahan suhu yang sangat drastic juga berakibat banyak dalam perubahan iklim, nah ini inti ceritanya… Alhasil, bagi saya tugas2 kita sebagai orang2 yang diamanahin ilmu bertambah bukan hanya mencipta dan berkarya dengan ilmuNYA…yang pasti, banyak hal yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan bumi ini dari kerusakan yang terlampau batas. Tentunya dalam batasan peran dan ilmu kita masing-masing. Masih inget film “volcano” yang mengingatkan saya sama Lumpur Lapindo. Ide ceritanya nyaris mirip klo gak salah…namun, saya salut sama orang2 yang mengambil peran dalam penanganan bencana di film tersebut. Semacam kesungguhan dalam pengabdian ilmu entahlah apa maksudnya, dikaitkan dengan kasus lapindo, saya kurang update info sekarang penyelesaiannya sperti apa…maybe, just still on progress, apa pasrah begitu aja?. Atau film yangJ..meureun  sempet bikin saya takjub “The day after Tomorrow”, jelas nyata bahwa akibat ulah manusia bisa jadi menjadi penyebab kiamat yang bukan takdir lebih cepat akan terjadi. About global warming ini juga, ternyata ada dalam penjelasan AlQur`an surat Attakwir, peningkatan suhu bumi yang menyebabkan meluapnya air laut, ya inti dari ayat2nya kurang lebih seperti itu. Wallahu`alam..yang terpenting intinya adalah bagaimana kita berperan dalam menyelesaikan semua masalah ini. Masalah moral, arogansi orang2 seperti AS yang meragukan protocol Kyioto tempo hari :(, secara AS adalah Negara yang lumayan sangat bertanggung jawab dalam permasalahan global warming ini. Dan tentu untuk kita harus terus melatih diri kita untuk terus mencari ilmuNya dan meletakkanNYA pada tempat yang sebenar2nya….

Untuk semua kawan, yang sedang berjuang di JalanNYA, orang2 science, orang2 engineer, orang2 yang sedang belajar ilmu politik yang mengatur kebijakan kelak..semoga bisa berfikir lebih dan untuk masa depan kelak, minimal ada semangat yang kita rintis dari sekarang dan bermimpi bisa berkarya ke depan… Amien..
Especially, buat diriku yang sedang  dan belajar mencintai ilmuNYA…trust myself and Be
Jmencari semangat  strong!!
Bandung, 12 Desember 2007

Read Full Post »