Feeds:
Posts
Comments

Archive for July 9th, 2008

FINALLY….

Alhamdulillah, tugas terakhir dari Professor aku berakhir juga. Yah walau mungkin masih ada perbaikan dari professornya…tapi aku berharap yang terbaik aja…toh pun diperbaiki itung-itung dipelajari ulang, ruginya hanya di masalaah waktu aja paling..

Hmm..ngomongin tentang BIRD Biotechnological Institute for Research and Development, serangkaian tugas-tugas yang harus aku kerjakan untuk memenuhi persyaratan aku lulus program beasiswa ini. Di CD BIRD ada 6 field, Microbiology, Biochemical engineering, Environmental technology, Food technology, Immunology dan Genetics. Dari 6 field aku harus kerjakan 4 field, 2 field wajib dan 2 field lagi pilihan. Semua materi berkisar mengenai infectious research. Setidaknya, dari tema2 yang ada aku jadi faham banget, klo ternyata orang ASIA itu 90% punya kelainan genetis yang namanya Lactose intolerance, dimana klo dia minum susu bikin Diare kayak di Iklan hehehe. Wah berarti aku termasuk ke 10% orang ASIA dong soalnya gak merasa tuh biasa aja. Yah jadi sedikit miris dengan kondisi itu, karena susu itu kan penting ya buat kesehatan, dan memang konsumsi susu orang ASIA di bawah rata2 orang Eroupa, USA, and AUSIE..yah. karenanya, banyak di ciptakan tuh produk susu yang bebas lactose, kayak di iklan lagih…:p. Termasuk yogurt, dan susu skim.

Herannya dari 4 field ini, bidang yang aku kerjakan selalu berkisar mengenai Bioreactor. Entah kenapa da cinta banget tuh sama reactor, kebetulan project yang sedang aku kerjakan di kantor juga berkisar tentang bioreactor untuk ngehasilin biomassa. Tugas khusus tentang ini ada di field Biochem engineering, sempet keder banget yah aku tau, suka rada2 hopeless klo disuruh ngerjain yang berbau engineering. Alhamdulillah, design project aku untuk bikin produksi sorbitol dengan bioreactor lulus uji juga. Sorbitol juga turunan Glukosa tepatnya dari fruktosa. Produk lain dari sukrosa termasuk gluconic acid hingga etanol. Nah untuk ngurangi produksi etanol aku harus ngedesign agar produk yg dihasilkan lebih banyak sorbitolnya.

Yang paling lumayan menarik, karena aku suka bidang ini tentang bagaimana aku buat system produksi agar produksi ayam broiler dan telurnya sedikit bebas dari infeksi salmonella. Nah ini betulan masalah Indonesia banget, soalnya derajat sakit typus orang Indonesia masih sangat tinggi. Salmonella salah satu bakteri pathogen yang banyak terdapat di produk ayam (telur dan daging). Gimana mau bersih, pabriknya aja jauh dari kata sterill. Makanya itu diciptakan banyak system technology untuk pencegahan ini, termasuk di dalamnya buat vaksin dengan prinsip competitive exclusion, hm..kata-kata vaksin sebetulnya kurang tepat disini, karena si ayam itu memang tahan dengan microba pathogen ini.

Di bidang environmental tech, aku belajar cara decontamination dari pollutan heavy metals seperti mercury, kasus yang di munculkan tragedy minamata. Disini aku disuruh buat dua buah short statement dengan pollutant yang berlainan, semacam essay gitu. Selain mercury aku juga disuruh bikin essay mengenai chlorination aromatic, contoh zatnya adalah Dioksin. Yah aku baru tau, dioksin itu banyak di pestisida dan sisa gas hasil pembakaran plastic yang sangatt berbahaya bagi tubuh kita, makanya itu sebisa mungkin dihindari tuh ngebakar-bakar sampah…

Yah walo mungkin semua belum berakhir Da,tapi minimalnya Da jadi tau banyak hal tentang ini…makasi ya Allah, yang penting yang harus Da panjatkan ke Allah lebih dahulu. Apapun hasilnya ke depan, terkait satu dan banyak hal (wah apaan tuh…) aku minta yang terbaik, karena semua jalan itu akan jadi indah kalau kita ciptakan pikiran positif. Hm..walaupun kita harus bercucuran keringat, begadang dan begadang mengerjakan semua ini..dan nyaris tak punya waktu buat refresh dan istirahat…

Ya saatnya berbenah…

Perjuangan belum berakhir Da, bisa jadi baru akan mulai start untuk berlari kembali. Seperti mimpi aku tadi malam, aku heran kok aku sering banget ya mimpi berlari jauh tanpa henti, selalu aja mimpinya balapan lari ma orang-orang hehehe Da..Da mimpi itu bunga tidur sayang jangan dipikirkan.Tapi aku yakin, semoga aku bisa melewati perjalanan menuju cahaya. Perjalanan menuju tempat perisitirahatan aku yang abadi. Yah minimal itu yang ada, aku mau beramal ngumpulin tabung akhirat dengan ini, menambah berkah dengan ilmuNya dan jalani semua dengan penuh cinta dan karya….

Disamping masih banyak kerjaan lain…laporan Da buat pak nyoman belum lagi aku sentuh, belum lagi kerjaan HPLC yang belum beres beres juga…yah aku aja mpe bingung, jadi kerjaan aku uji produksi tahap awal mau aku hplc..namun masalahnya adalah…samplenya sama sekali tidak terdeteksi dengan baik…yah disaat kerjaan aku menuntut keberesan banyak hal….

Yang penting adalah, aku jalani awal perjuangan ini dengan berbenah banyak hal, merapikan banyak hal dari urusan ruhiyah hingga rapiin kerjaan. Karena aku butuh banget hal itu. Tugas2 yang ada terkadang banyak hal yg membuat aku gak focus dengan ibadah padahal klo Da pikir kembali…mestinya gak begitu, banyak amanah yang belum kunjung aku penuhi..dan sulitnya aku ngeyakinin orang-orang agar faham gak bisa bukan karena aku gak mau. Sebagai seorang anak aku ada kewajiban berbakti untuk ortu, sebagai seorang wanita aku juga perlu  belajar banyak hal  untuk urusan rumah tangga aku kelak, belajar masak benahi rumah dan urus keperluan lain-lain, sebagai seorang pekerja aku juga dituntut untuk bisa professional dalam karir aku sebagai seorang calon peneliti (amieen…), sebagai dai`ah banyak sekali hal yang aku harus penuhi…yah maaf semua bukan pilihan buat aku, karena ada pahala dari semua itu…aida mohon, semoga faham kondisi Da….

Pagi yang dingin banget…

7 juli 2008..Cheers up

 

Read Full Post »