Feeds:
Posts
Comments

Archive for June, 2008

Sayup-sayup suara adzan terdengar, saat senja tiba aku baru melangkah keluar dari gedung bertingkat 8. Hari yang melelahkan dengan banyak hal dari eksperimen, data, tugas, browsing hingga chatting J…entah ya, hari-hari berlalu sungguh sangat cepat bagiku…kadang merasa ya Allah semua berlalu begitu saja dan aku masih menganggap semua belum berlalu….aku masih disini!!

Bulan Purnama yang indah, walaupun langit jingga masih Nampak menyentuhnya…semilir angin menerpaku sayu, aku masih disini!!. Perjalanan menuju mesjid Pusdai, a view place untuk shalat magrib agar tak terlalu malam sampe dirumah…dan bulan purnama itu masih mengikutiku tepat disamping jendela mobil yang aku tumpangi..duh indah…dan aku masih disini untuk menikmati semuanya…

Di hamparan sajadah pusdai, banyak hal yang aku pinta aku panjatkan hingga kegelapan malam yang membuatku segera beranjak dari kegelapan malam, sudah malam Da segera pulang. Hmm…bulan itu masih saja mengikutiku..hingga akhir waktuku meninggalkan mobil itu. Saat aku sendiri, berjalan dengan peluh dan penat…bulan purnama itu ada tepat di depan aku…mengiriku untuk segera sampai di tempat peristirahatan…Subhanallah indah…

Sekian lama, kedamaian itu tak kutemukan jua…tapi hari ini aku bersyukur, karena aku pulang dengan perasaan senyum..karena bulan purnama itu yang telah memberi aku banyak inspirasi untuk segera tersenyum, bertafakur dan bersyukur…

HAri yang baik, akupun beranjak pergi memenuhi beberapa janji…hingga masuk ke alamat jl Antapani no 133..sebuah kantor sederhana yang memberi aku spirit baru. Seorang teteh yang aku janjikan bertemu menungguku dengan senyuman…yah teh aku kangen banget, udah lama gak cerita banyak hal…terakhir ketemu dia membawa 5 anaknya dalam satu moment deklarasai Cagub tepat saat miladku yg ke25 saat2 aku baru pulang dari family gathering dengan sang competitor…saat itu aku inget, ingin rasanya aku terjatuh di seorang yg bisa menguatkan aku dan meneguhkan aku untuk bangkit dari perasaan berat. Yah..teteh masih inget pasti saat aku nangis eh dia malah tersenyum sama sekali tak memberi rasa iba untukku…hingga membuat aku ingin tersenyum..yah memang gak perlu disedihkan…tetap harus berdiri tegak dengan topangan kaki yang ada, suatu hari kebebasan itu akan ada..sebagaimana yg Allah janjikan…Wamannashruillaa min `ingdzillah….

HAri ini, aku bercerita dengan perasaan senyum..padahal tadi malem niatnya ingin terjatuh dalam tangisan, namun teteh keduluan memberi kesan senyum n bahagia, dah lama ya Da gak ketemu..yg bikin aku lupa klo aku lagi sedih..yah Dasar Da L….suatu kebahagiaan yang orang lain mungkin tak pernah dapet (bikin iri ni…)..tak ada saran yg berkepanjangan…karena beliau selalu bilang…saya mah biasa-biasa aja ko…tapi buatku teteh luar biasa..saat cerita selalu dia beri aku nilai positif di setiap pilihan kata yang aku ambil..serasa mengajak aku bersyukur…bersyukur sama Allah…sampai aku beri kesimpulan, hmm…ya Allah, klo aku pikir ini berat…kenyataan semua gak menyelesaikan masalah…karena mentalku telah kalah dengan perasaan berat….

Teteh mengajarkan banyak hal, buat aku jadi faham…bahwa semua pilihan yang ada adalah pilihan yang terindah yang akan aku jajaki..aku memulai semua dengan prasangka, hmm…Da keliatannya ni Allah sedang prepare sesuatu buat Da sambutlah itu dengan senyumanmu Da…apapun itu,setiap pilihan adalah kebahagiaan yakinlah…karena da melalui itu semua dengan tak mudah..Satu hal yang aku lupa…minta restu ortu, klo kita berjalan atas kehendak Allah bukan ambisi pribadi semata…mau kita beranjak pergi, sendiri atau berdua atau bertahan disini itu sudah tertulis dalam suratan Takdirnya…dan percayalah itu indah, apapun jawabannya…..

Sudah mulai hitungan hari, aku mulai prepare kepergiaan aku untuk les bahasa di Jakarta. Namun sekarang aku mulai bisa sedikit bijak menjalani itu…hmm, aku mulai itu dengan niat agar bisa sedikit terlepas dari ke-overprotectivan orangtua dan belajar sedikit mandiri..jadi ataupun tidaknya Da beranjak…karena Da gak pernah tau, tapi minimalnya..da bisa menang dalam hal mencoba gagal maupun berhasil..no problem Da J. Klo kenyataan Da berhasil, itu artinya memang cita2 itu akan Allah wujudkan dengan sempurna tinggal di jalankan…never give up!! Karena bisa jadi kenikmatan lain diberikan dengan jalan yg tak disangka…ketika da harus memilih jalan lain yang berlawanan…bersyukurlah, artinya ketaatan Da jadi taruhannya..maksudnya, bukannya berbakti untuk orang tua itu lebih wajib dibanding sekedar ngejar ambisi pribadi…maka suatu saat kenikmatan yg lain akan Allah beri…dari situlah Da tersadarkan..ya Allah setiap pilihan itu adalah indah buatku…

Teteh juga pernah merasakan hal yang sama, hmm..ternyata sebelum blw taaruf dengan ustadz Y :p…kenyaatan beliau juga kandidat beasiswa ke Australia..lucunya, masa ustadz itu mencoba meyakinkan ke ortunya si akhwat klo apapun yg akhwat itu mau akan di izinkan..termasuk pergii sekolah ke LN..yah kenyataan itu hanya siasat..karena yah akhwat mana yang ga mau taat sama suaminya…termasuk urusan memenuhi kewajiban sebagai seorang istri…subhanallah..tapi tak ada penyesalan hingga saat ini, saat ia tau bisa jadi saat itu kesempatan satu kalinya…yah aku pikir juga demikian, karena ga ada jaminan kita bisa baik disana…

Banyak hal yg membuat aku lapang..karena hingga akhir pembicaraan tak ada satu hal pun yang membuat aku berharap dari pertemuan itu. Yang ku dapat hanya selalu perasaan senang dan optimis atas apa yg ku raih…menurutnya, prestasi ku adalah prestasi jamaah…masalahku adalah masalah jamaah yakinlah banyak orang yang sedang bantu…tapi tangan Allah lebih tau!!sampai akhirnya aku sadar, untuk menangguhkan harapan itu ke Allah saja…bukan untuk aku…buatku cukup yg terbaik aja…karena setiap pilihan adalah kebahagiaan yang akan ku raih…ga perlu khawatir lagi..hmm, hingga aku pun terhenti untuk cerita banyak hal ke teteh itu..hanya senyum keyakinan saja ..insyaAllah teh..akan kujalankan semuanya…

Ya Allah, saatnya aku panjatkan syukur yg berkepenjangan..aku tau aku bahagia atas semua yang kuraih, aku bangga dengan yang aku punya saat ini,setiap peluh nafas yang terlewati akan aku balas dengan senyuman keyakinan..semua ada atas kuasaMu ya Robbana…

Untuk semua kawan, aku ingin berucap maaf yang berkepanjangan…atas orang2 yang udah aku repotkan dengan cerita aku..kenyataan semua gak penting!!. Tak menyelesaikan masalah…hanya nambah pikiran berat..plus harapan harapan yang bikin aku berharap yang tak pantas aku harapkan. Inginku berucap makasi atas saran untuk pergi jaulah ke orang2 yg banyak kasi inspirasi…dan pelajari shirrah dengan betul..ups, karena aku belajar dari shirrah bagaimana nabi menampakkan muka bahagia disaat cobaan yang menimpa…saat Allah menurunkan asmanya “Walaa tahiinu Walaa tahzanu, wa absyiru fii jannati kuntum tuu`aadzun” ayat ini Alhamdulillah jadi kalimat favorite sekian lamanya…sekarang aku sadar…tinggal benahi diri dengan mental optimis dan perasaan yakin…insyaAllah ya Da…syukron ya teh…dan buat semua jangan beri aku harapan lagi, beri kabar gembira aja karena Allah lebih tau, dengan senyum aku berlalu…

Balik lagi ke cerita bulan purnama…aku ada firasat, yah cahaya terangnya akan selalu ada untukku…dia selalu menemani saat aku sedih, bergetar hati ataupun jatuh tersungkur..dia tampak selalu ada dekat aku selalu…yang setia menemani hari-hariku dan tak pernah padam untukku..makasi ya Allah, yang sudah memberi titik terang dari sedikit peluh yang ada di kisah ini….

-malam purnama, 19 juni 2008-

Read Full Post »

Di panggung pelaminan ia berdiri begitu bersahaja, menggunakan gaun nan indah jelita…sedikit senyum yang tersungging di pipinya. Disampingnya ada seseorang yang berjanji untuk menemani dan menggenapi kehidupan selanjutnya. Setiap kali ia bertemu dengan seorang sahabat, hanya senyum kecil yang ia beri..senyum kecewa, senyum lelah dan senyum penat….insyaAllah ga papa ujarnya…

Semua tak pernah menyangka…dia yang begitu kuat dan teguh dalam urusan Dakwah, meniti jalan dakwah dengan rekan-rekan seperjuangan dengan segenap semangat dan perjuangan, dia yang prestatif, baik, cantik dan akhwati mau menerima keputusan besar yang cukup mengagetkan banyak pihak. Di akhir cerita dia menerima tawaran menikah dengan laki-laki biasa yang jauh dari nilai2 yang dulu sempat ia cita2kan…

Hari berlalu dengan perasaan datar..perlahan perubahan itu muncul. Ada kecewa, setelah tau dirinya hanya jadi pembicaraan banyak orang…dikalangan rekan-rekan perjuangannya yang membuat ia enggan untuk bertemu, berbicara bahkan malu untuk bercerita. Padahal dirinya sungguh sangat ingin menjatuhkan diri pada orang2 yang dulu menjanjikan tali ikatan ukhuwah dengan rekan-rekan seperjuangannya. ia rindu arti ukhuwah itu, ketika sadar semua gak pernah mengerti tentang ape yang terjadi…ia berlalu dan menguatkan, tak ape yang penting Allah tau dirinya kan selalu ada untuk Allah saja…dan ia pun berlalu dan mencoba berbahagia dan mengawali semua dengan semangat dan senyum keyakinan…seraya meninggalkan oramg-orang yg hanya bisa berbicara kenapa….tanpa memberi jawaban atas semua….

Dorr…nah lo teteh ngelamun ya!!….suara temen mengagetkan lamunanku…

masyaAllah aku terhenyak dalam lamunan, aku lagi bikin PR project design dari professor Jonas….masyaAllah waktu dah berlalu…tiba2 dadaku sesak dan ingisn rasanya menangis mengingat lamunan itu…bukan aku, itu nyata yang pernah terjadi pada seorang sahabatku…hmm, andai saja ia ada disini sekarang..pastinya akan ku peluk dirinya dengan perasaan sayang…hmm…aku sangat mengerti ape yang pernah kamu rasa saat itu, begitu sakitnya dirimu setelah tau, semua hanya bisa bicara dan mengamati tanpa pernah berbuat…semua hanya bisa bilang sayang tanpa pernah berbuat dan parahnya semua hanya bisa berkomentar tanpa mau berkorban….

namun apapun, insyaAllah tak membuat diriku mau menggagalkan rencana aku selanjutnya…beranjak dan tak akan menunggu semua yang selalu membuat aku kecewa dan kecewa…kubuka semua peluang yang ada karena Allah lebih tau barangkali…siapa dia, dari golongan mana dan gimana…aku tak akan pernah terlarut dan bermimpi untuk mengikuti ape yang pernah di definisikan bersama tentang masalah sefikroh…sekufu, sejamaah…karena semua telah berlalu dengan harapan palsu..barangkali memang tak pernah ada buatku…

Robbana…aku tau aku sadar memilih semua…karena gimanapun, aku sayang dengan pilihanku..gimanapun aku ikhlas dengan pilihanku kenyataan aku ada bukan karena mencari sesuatu selain beranjak untuk menjadi pribadi yang sholeh saja…Robbana, sekian kali kusadari barangkali bukan karena aku tak pernah ada…melainkan barangkali kesholehanku tak sebanding dengan apa yang pernah ada di diri mereka. Mereka layak dapat yang lebih baik..seperti semua kawanku yang telah berjalan menyusuri hari2 yang baik..dan aku masih harus berjalan untuk menjadi pribadi yang baik..dan aku barangkali belum tiba saatnya untuk menjadi yang baik…barangkali ujian kedepan tentang SIAPA DIA akan menunjukkan arahku untuk menjawab semua tantangan itu..saat niat itu hanya untuk mencapai Ridhonya kenapa mesti takut…

Kubuka lembaran baru untuk mengawali semua dengan lapang…aku bukan apa2…dan suatu hari jika tiba waktuku..aku ingin memberi semua untuk orang yang mengharapkan senyumannya untukku..buat ayah yang lama tak tersenyum untukku, buat mama yang selalu khawatir akan ku..buat aa buat teteh yang selalu ingin melihatku tersenyum..aku akan raih bahagia itu dan memenuhi harapan yang sekian lama terbenam di benaknya..aku tak akan memikirkan lagi bagaimana nanti komentar semua teman, semua kawan dan cemoohan orang2..tak ape aku punya niat lurus aku punya ketulusan hati untuk bertahan dan berjalan dengan segenap kekuatan..aku lupakan mereka semua yg pernah ada mereka semua yang pernah hadir bahkan sempat memberi harap atau sekedar perlindungan seorang kaka..karena semua hanya kekecewaan yang ada…semua gak pernah ada..sudahlah….

Kutarik nafasku dengan panjang…astagfirullah..ga perlu kau pikirkan sejauh itu Da…insyaAllah gpp…hmm sudah lah Da kembali konsen ke project design..jadi tipe reactornya mau kayak apa da…???????

Read Full Post »

look around….

11 juni 2008

sedikit saja, da tersentuh dengan kejadian akhir2 ini…kasus BBM naik, hingga tragedi monas…pun masalah Ahmadiyah. Padahal, begitu sibuknya selesaikan design project dari proffesor aku, mikirinnya tiap hari sorbitol mulu…bagaimana cara bikin sorbitol yg bagus, pake bakteri Zymomonas mobilis plus rancang produksi buat di reactornya..dan cari substrate yg tepat. hmm..ingin sekali Da berhenti sejenak untuk mikirin kondisi sekitarnya…

tadi malam, liat debat terbuka soal SKB Ahmadiyah, Da sedih banget…ada orang yg bilang bahwa pembubaran ahmadiyah ga ada dalam AlQur`an..klo kita mengaku buat aturan hukum berdasarkan literatur Al-Qur`an…masyaAllah, sampai ada satu titik temu yg buat aku jadi faham..soal memelihara keimanan…dan mengartikan kebebasan dalam berfikir…

hmm, jadi inget materi syahadatain…klo ada yg udah pernah dapet syhadatain itu bukan untuk di syahadatkan lagi..tapi untuk pengukuhan dan penyadaran..begini loh, cara bersyahadat Rasulullah..dan kayaknya, materi ini bakal jadi materi favorite di pengajian aku..sekarang ini berasa banget urgensinya…

materi syhadat itu benteng akidah kita, dan memang tiada orang yg sempurna dalam aplikasi syahadatnya,kecuali Rasul…dengan syahadat kita di beri rasa khauf/takut dalam memelihara iman ini. walaupun dengan syahadat kita jadi mahluk merdeka. merdeka di sini dalam artian bebas dari belenggu nafsu dan angkara dunia..bukan berarti bebas untuk beriman dan mengaplikasikan keimanan kita…

tempo hari temanku ada yg bertanya soal pemikiran orang feminis…jujur, aku males berdiskusi tentang orang liberal. karena bakal gak nemu ujung2nya….buat aku pribadi, tentu iman itu ada batasannya..takut sama Allah, takut akan nerakanya dan adzabnya Nauudzbillah….

dengan demikian, akan membuat diri kita terbenteng dalam hal mengemukakan pendapat…dan bertahan dalam masalah akidah.

masalahnya…semakin banyak orang yg mengaku2 nabi, mengaku2 benar dengan faham dan jamaah baru dan mengaku paling benar mengemukakan pendapatnya…tak sadarkah dia akan mahaguru yang sudah terlampau jauh meninggalkan kita..tepatnya 1428 H lamanya kita dah ditinggal oleh sang murobbi yang pasti benar dalam segala perkataan dan perbuatannya…kenapa harus merasa paling benar…

takutlah akan semua itu, dan kuatkan iman dengan terus menghamba dan menyusuri makna syahadat itu. karena kita ada disini bukan karena jamaah kita, bukan karena golongan kita ataupun madzhab kita…tapi kita ada  karena rahmatNYA….

sedikit ngingetin aku tentang banyak hal..biar saja orang berkata aku apa…yg pasti aku hanya melihat Allah, dengan kekuatan yg aku punya…semakin hari aku merasa semakin kerdil dalam setiap perjalanan waktu…perjalanan usia, aku hanya orang biasa…aku maknai sejauh ini perjalanan ini…sampai titik aku sadar barangkali aku bukan seperti mereka yg telah meraih kebahagiaannya…sekian kali mereka bilang, kuatkan lagi..kuatkan lagi…tunggu dan sabar…semakin aku sadar..sudahlah, bisa jadi kemampuanku tak sebanding dengan semua orang yang ada di sekitar aku. setiap kali aku tafakuri..cacatku sangat banyak, semakin aku sadar aku akhwat biasa yg punya banyak kelemahan..

semakin membuat aku sadar, untuk tidak berharap banyak…berjalanlah Da…tak usah menunggu dan menunggu, karena Allah lebih tau barangkali buat Da dan jalan yang akan Da lalui dengan senyum itu…

-wallahu`alam..-

gak` sedih ko…hanya sedikit sadar…tak apa!!

Read Full Post »

Sebentar lagi aa aku pulang dari tugasnya ke China…entah ya sejak ia pergi hingga ia pulang, aku merasa biasa ajar. Datar-datar ajar..soalnya sekarang dah biasa gak bergantung dia…sejak aku tau, ternyata waktu gak bisa bergulir..dan aku tak harus melulu ada dalam baying-bayangnya….sekarang Da udah merasa tegar banget jalani kehidupan Da, tanpa banyak cerita sama aa..karena mungkin dia juga dah sibuk dengan banyak urusan rumah tangganya..sudah lah Da..

Dulu biasanya, dan pasti aa telepon aku atau minimal sms. Neng aa pulang mau di beliin apa..aku jadi mikir..bahkan pamit mau pergi ajar engga, hmm..lama-lama aku pun membiasakan diri untuk jadi adik yang sangat mandiri…dan gak banyak cerita…segala perubahan harus aku hadapi sendiri, termasuk hadapin kesulitan aku sekarang..pun dia tau sebetulnya, tapi rasanya mungkin berat untuknya bantu aku…

Aku terpaku dalam lamunan di pojok sebuah kantin sendiri,…makan bareng di pujasera merdeka, makan ikan bakar di bubat, di foto di kebun raya…n pilihin baju kerja hingga semua hal…aku kangen aa yang dulu…

Tiba-tiba, sebuah lambaian tangan buat aku kaget…seorang cowok tak terlalu jauh dari aku kerap berbicara sesuatu yang buat aku tertegun dengan seorang cewek yg sekarang jadi perbincangan seantero kampus, ya maklum lah dia presiden pertama wanita di kampus kami. Hebat kan..dengan segala ke struggle-an yg tampak di gadis manis itu..gaul, cantik, pinter ngomong, punya bakat banyak, n lahir di California…ups ga ada hubungannya si!!, hanya saja cowok itu bilang…ayolah..gw doain lu pasti kuat hadapi semua..keep semangat!! Sambil acung jempol, klo ada apa2 lu bilang ma gw, pasti gw bantu…”….si cewek tertegun sebentar melihat si cowok itu..sambil senyum dan ucapan makasi..ia oke akan ku coba..thanks banget ya..ujarnya berlalu!!

Akupun tersenyum melihat mereka persahabatan yang indah itu..aku tau, kerjaan cewek itu memang gak mudah…ketika harus melawan ambisi kebanyakan orang..wuah..aku tau banget…aku senang melihat wajahnya yang seringkali diliputi senyum…namun tadi sedikit ia merasa sedih!! Tapi aku tau insyaAllah pasti dia tegar…

Aku Cuma pengen bilang yah begitulah hati seorang wanita..selalu nyaman jika ada seorang yg mau dengerin..walopun Cuma dengerin…bisa jadi Cuma bilang aku ada selalu dekat denganmu, kamu gak perlu khawatir…sekuat apapun seorang wanita dalam hati menyimpan banyak hal yang ia inginkan ada di samping dirinya..entah sebagai teman, sahabat, kakak sendiri bahkan ayah atau her husband…dan hal yang berat ketika semua itu engga ia miliki…kenapa mesti seorang pria..ya barangkali cerita mars and venus sudah cukup menjawab semua itu. Hmm..tapi aku bersyukur hanya sempat terjatuh pada lubang kakak sendiri..masih muhrim lah…tapi yah, semua memang gak bisa aku miliki..saat ada seseorang yang sepenuhnya memiliki…ketika semua udah nyata-nyatanya saja bukan milik aku…aku sedih…tapi subhanallah..aku tau aku bisa n tegar ko hadapi ini..karena aku berjalan dahh nyaris setahun…walopun setahun bukan perjalan yg cukup indah, ada sakit…bahkan minta di dengarkan saja udah gak bisa…harus selalu mengalah…yah sudahlah, buktinya Allah memberi aku kekuatan untuk berjalan…

Ya sudahlah, bukan saatnya mengulang hal yg udah pernah terjadi..mending pikirin ke depan..yups aku harus berani..hadapi semuaa dengan senyum ai..ai pasti bisa insyaAllah…Allah ada selalu!

Namun, tak lama..ada message yg masuk di folder mail ku!!, balasan surat..hmm..ujung dari sebuah pesan singkat..”you`r Bro…—–“.hmm..aku tau ko…selama ini aku tulus bantuin beliau…tapi bukan berarti beliau bisa ganti posisi aa aku begitu aja..yaah nyata2nya saja aku gak kepikiran sampe disitu..hanya, pesan itu buat aku sedikit berfikir..n sedikit buat aku sedih…walo aku tau, yah barangkali memang sebatas brother…hmm, gimanapun aku harus bahagia…yah harus lah, hmm..ya Allah aku bersyukur…ternyata ada ya ‘mars’ yang care sama aku :p…orang yang seringkali aku gangguin saat ia busy dengan project macam2…dan gak pernah ngeluh buat aku..yang pasti aku seneng kian kali di beri semangatnya…ya Allah, siapapun ia aku bersyukur ko..karena kerap kali aku bisa tersenyum bahagia saat dia ada memberi aku spirit baru, makasi ya Allah…walo aku tau ya sedikitnya harus di jaga..dijaga Da…gak boleh lupa, gimana pun ia hanya seorang brother…

Only a little sadness….gpp Da tetep semangat ya!!                                                        

Malam yg dingin, 10 Juni 2008

 

Read Full Post »

hmm..akhirnya, hari ini aku mengakhiri hari begadang aku. semoga nanti malam bisa tidur dengan nyaman….

Alhamdulillah, tugas 1 departemen dah kelar Da kerjain…ayo Da semangat masih ada 3 departemen lagi…tapi seneng2 akhirnya beres ngerjain semua in english..

Research Proposal :

 

Maldigestion known as Lactose intolerance is manifested in 50% of world population (13). In ASIA and AFRICA more than 90% of the people have lactose intolerance.  Low levels milk consumption and drinking milk are unusual in the Asia and Africa. This will cause possible affect maintenance of low lactase levels in Asian and African (10). In fact, in Asia per capita milk supply has approximately reached only 100 g or less per day. While in European or Australian  per capita milk supply has been reached 600 g per day.(3).

Lactose is milk sugar which has to be cleaved into these constituent parts (glucose and galactose) inside the intestines to reach the blood circuit. The enzyme lactase (β-Galactosidase) is responsible for this process. If a person has a lack of lactase so he is said to be a lactose intolerance (6). Lactose intolerance causes flatulence, diarrheea and paroxysmal aches because the milk sugar can`t be cleaved and in the large intestine it is undigested and can be transformed into several gases and lactic acid.

The importance of β-Galactosidase is related to its use in milk and milk derivatives to decrease their lactose content, solving problem of low lactose solubility and its low degree sweetening. Furthermore, the economic interest in this enzyme is related to its use in food and pharmaceutical industries, because of the deficiency of β-Galactosidase is found in many people (11).

Some bacteria and yeast can produce β-Galactosidase. Such as Escherichia coli (9), Streptococcus lactic (12) and several yeast such as Candida pseudotropicalis (7), Saccharomyces lactic (4)  and various species of the genus kluyveromyces (5).

The production of lactase by yeast or bacteria has been investigated by several authors. M.I. Rajoka et al., (2003) have been experimented by using Kluyveromyces marxianus. The optimum temperature for the production was found in 35-370C, the highest volumetric productivity of enzyme occurred on corn steep liquor medium. Furthermore, S.A Furlan et al., (2000) demonstrated that Kluyveromyces marxianuswas able to grew on sucrose containing media like sugar cane molasses. As we know sugar cane molasses is the main by-product from the sugar industry, which can be used after dilution as a cheap carbon source for fermentation processes. Sugar cane molasses is also rich in sugars, most in fermentable forms like sucrose, fructose, and glucose (8).

The purpose of this work is to produce lactase from pre-selected yeast or bacteria intended to be used to formulate lactose free milk. In the present work, the production β-Galactosidase from several microorganisms are evaluated by liquid fermentation. This present work uses a weak anion exchanger STREAM LINE-DEAE in order to recover β-Galactosidase from microorganisms homogenate, whilst simultaneously purifying and concentrating the enzyme (1). The measurement are focused in β-Galactosidase activity and the highest concentration of β-Galactosidase every microorganisms. Microorganisms which will get the best of β-Galactosidase production and will be considered by GRAS (Generally Recognised As Safe) are chosen as a result from this research.

 

hihi pamer ni…ini cuma introduction doang ko…kloo sama yg lain2 kepanjangan..yah akhirnya, perjuangan cukup berat…

 

yuk semangat Da…masih ada 3 term lagi…

-Cheers Up-

Aida (june, 6 2008)

 

Read Full Post »

Entah ya, mungkin aku stress berat dengan segala kondisi yang membuat aku tak berhenti bekerja. tapi insyaAllah semangat itu belum padam ko ya Allah, karena ini lah satu-satu nya cara Da bersyukur atas semua yg Allah kasi…

kesibukan yang menyita waktu untuk berfikir sejenak…bahkan melamun sejenak..Da cape n lelah, tapi insyaAllah biar Allah saja yang tau tentang semua ini..setumpuk tugas dan keberatan hati, juga perlakuan orang-orang yang dirasa gak adil…karena apapun Allah lebih tau..sabar-sabar…

akhirnya aku berani unjuk gigi, ya inget aja bisa jadi hal ini hal tersulit yg aku pernah lakukan. memperlakukan orang secara tegas…hehehe.keingetan dulu pas jaman di kongres ada acara kekeluargaan yg intinya mengisi kekurangan masing2 kawan, nah menurut orang2 ini dia lemahnya Da..bisa manageable semua kerjaan tapi gak bisa tegas dan akhirnya lebih baik berkorban…

ini dia tentang kinerja orang-orang. hmm..aku jadi inget masa2 aku mengerjakan TA dulu, ya sempet di ajarkan untuk tidak membiasakan menguraikan alasan…dan belajar mengakui kesalahan. ini dia yg sedang aku latih ke adik2 aku…karena aku peduli banget ma mereka. aku sadar dulu dosen aku pernah bilang, lulus itb itu sulit bawa tanggung jawab yg besar…bisa jadi kesulitan orang2 untuk tembus sidang dll karena masalah tanggung jawab ini……..

Da..bersyukurlah, kamu dah di ajarkan banyak hal. aku kecewa lagi2 soal mahasiswa itb yg kesini2 makin bebas dan berani aja ke dosen atau asisten dll. mulai hilangnya rasa segan..dan menganggap semua derajatnya sama…ini fakta yg aku denger dari beberapa dosen. aku sedih aja…dulu perjuangan aku dan kawan-kawan untuk mempertahankan itb dari isu sekolah orang berduit…untuk mempertahankan orang2 miskin untuk tak takut menginjakkan kakinya di itb, dan untuk memelihara image mahasiswa santun sopan ramah dan berakhlakul karimah..karena semua itu udah hilang…….

sedikit info yang buat aku makin miris, usm itb yang ditempuh 6000 calon mahasiswa…1 formulirnya aja 500 ribu, pantesan harga pengawas usm skr 350ribu sehari…subhanallah orang kaya semua mendatangi kampus ini, lantas bagaimana kursi untuk anak daerah anak petani atau pensiunan pns…hehe kayak ayah aku gitu :p. kursi usm kian tahun kian bertambah…dan gatau ya…jangan2 pas zaman anak aku ga ada lagi spmb…aduh sekarang aja 45 juta, tar berapa ya???…ya pusing juga klo dipikirin..minimal jadi motivasi buat sukses…

tapi aku cukup puas dengan apa yg tadi kubilang ke adik2 aku..karena aku peduli dan punya andil untuk generasi ke depan………

klo sudah begini ingin rasanya kembali ke pangkuan ibu pertiwi…

ya masih banyak Da ibu pertiwi yang memberi semangat buat Da…untuk maju dan berkarya. kemarin sempet jaulah ke Bu Diah nurwitasari, janjian ma Bu nurani esti lestari dan share ma ibu aku…masih banyak ibu pertiwi yang mendengarkan kisah Da dengan senyum…membalas cerita semangat itu dan memberi keyakinan di dalam pundakku ada amanah besar untuk masa depan umat ke depan…ga  boleh takut untuk sukses dan berkarya…

hm…rasa2nya sulit klo harus mengulang waktu, tapi izinkan da untuk bertemu mereka kapan hari kalo aku butuh kekuatan itu kembali ya Allah…segala share perihal keluarga, cita2 masa lalu yg bener2 jadi my inspiration…subhanallah…umi, kututup cerita ini dengan doa dan harap untuk mu dan untukku..semoga kelak kita di pertemukan di surganya…amien

-saat lelah, 3 juni 2008-

Read Full Post »