Feeds:
Posts
Comments

Archive for May, 2008

ku gerakan langkah kaki

dimana cinta akan bertumbuh

ku layangkan jauh mata memandang…

tuk melanjutkan mimpi yg terputus

masih ku coba mengejar rinduku

meski peluh membasahi tanah

lelah penat tak menghalangiku

menemukan bahagia…

sebuah syair, dari Bang fadli yang selalu mengingatkan aku akan mimpiku….

lucu ya, jadi inget kisah Edensor, dalam trilogy Laskar pelangi (tetralogy si…walo yg ke4 belum kelar bukunya). Bang Aray bilang…Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi2 itu, yups kita harus percaya akan hal itu. Sampai saat aku diberi kejutan oleh Allah yang tiada Tara..Alhamdulillah…

awal hari, akupun bertanya pada semua kawan…kenapa ya. Aku sulit bersyukur saat2 aku mendengar kabar ini..perasaan berat menghantui…karena aku sedang tidak prepare untuk itu…justru karena Da menangis tersedu, ya Allah apa ini cobaan atau anugerahMu…apa Kau tak pernah Faham, akan hati yang kerap menyendiri..atau mimpi indah untuk membangun bahtera kehidupan selanjutnya…

sampai, suatu senja..akupun bertafakur dalam sehamparan sajadah di mesjid Pusdai, gimanapun beratnya hal ini aku mesti bersyukur..karena aku inginkan kenikmatan di balik rasa syukur ini….akupun berdoa, ya Allah lapangkanlah dadaku untuk menempuh ini semua…jika Allah pilihkan ini untukku, berikan kedamaian disana..biarkan aku tersenyum..seraya menggapai bintang2 disana…niscaya ketemukan cahaya di dalamnya…amien

aku pulang dengan perasaan datar…Robbana, ada satu paket khusus buatku yang bertengger di atas kasur kamarku. Tulisan TNT tertengger besar dalam amplop orange itu, ada tulisan international mail express data service”…kemudian tertera nama pengirim di balik amplop, from Barbara Schärfer, Inwent GmBh Friedrich-Ebert-Allee 40, Bonn,De. Ups…ni sahabat pena terbaru Da perkenalkan. Hehe..maksud aku ini dia ni supervisor aku yang baek banget dah ngasi banyak info tentang beasiswa ini. Di dalam amplop itu aku dapatkan CD E-learning by BIRD ( biotechnological institute for research and development). Hari sudah malam, namun aku pun penasaran untuk melihat langsung content di balik CD ini. Hmm…luar biasa, suatu ucapan selamat datang dari seorang professor disana, dan kata2 yang tak aku lupa…welcome to the new journey…ya ini adalah perjuangan baru, aku tau. Lantas aku diberi banyak pilihan department yang bakal jadi bahan studi aku disana, ada 6 pilihan, microbiology, immunology, genetics,food technology, biochemical engineering, environmental technology. So 3 ilmu science murni, and 3 ilmu aplikasi. Lantas akupun penasaran apa saja isi dari 6 pilihan itu. Surprise banget buat Da, saat Da liat dan amati seperti terbang ke awan dan kutemukan cahaya yg bersinar…saat itu, akupun takjub dengan scenario Allah..percaya gak…list research yang tersedia, mirip banget yang sejak lama da mimpikan, memang..di awal introduction tadi si professor ngajak aku untuk berfikir, bahwa anda di undang untuk memecahkan masalah dunia…misi yang di bawa adalah infection research..berhubung aku pilihnya food or health care biotech…kasus yang ada pemecahan masalah dari infection of salmonella pada chicken, juga about beberapa penyakit infeksi, flu, pregnancy dan segala kontaminasinya, cancer, paru2 dll…saat itu kontan saja aku sempet berhenti sejenak untuk berfikir..ko bisa ya?? Seumur2 aku mencari pilihan studi itu dimana2…beasiswa di itb tak memfasilitasi riset yang aku pengen..malah selama ini konsennya aku di aussy dan jepang..kenapa terbang ke Jerman??…nahh itu Dia da..Allah kasi jalan rezeki yang tak disangka…dan aku tuh tertarik dengan keywords ilmu2 itu jauh sebelum aku memutuskan untuk sekolah ke luar, malah dulu sempet..mungkin aku harus jadi PNS POM or Depkes, or kerja di LP POM MUI dan semua telah da lalui dengan hasil NOL…ternyata jawabannya disini.subhanallah…

Tiba2 saja, aku tersenyum..seraya melihat langit kamar berwarna putih..aku Yakin…hilang sudah keraguan Da untuk menghadapi semua, karena Allah menggenggam mimpiku dengan senyum…aku yakin saat itu, Allah melihatku dengan senyum..seraya berkata..ini awal perjuangan Da

A new journey

Mulai sibuk lah Da..atas segala sesuatu yang berhubungan dengan Jerman…Pr-Pr dari CD itu lumayan banyak, ada meeting on line yang bisa aku buka kapanpun..jadi ini cara belajar cukup menarik dan menantang..mereka sama sekali tak memberi modul di setiap pilihan riset yg kita pilih.malah member banyak misi yang harus kita kerjakan, di awal2 penjelasan professor sedikit saja, terus mereka kasi pertanyaan…tentu harus da jawab, kemudian…untuk lolos di mission one, harus ikuti meeting dulu atao tutorial sebagai bentuk evaluasi atas Pr kita. Nah notes belajar kita harus dikirim ke Ms Barbara karena masing2 berdeadline..alhasil kudu kerja keras nyari bahan2 juga, belum lagi riset di kantor Da..data2 yg kudu da rapikan..ayo Da bisa ko insyaAllah…

Masih sibuk dengan les bahasa, bentar lagi bakal di kasi tau kelas bahasa jerman Da…terus les English Da mulai hari senin kamis jam 2, selasa-kamis les arab J..waduh, butuh pemetaan pikiran yg cukup arief…bismillah, la haula aja..insyaAllah ni porsi Da…

Ucapan makasi…

You raise me up so I can stand on  mountain..

You raise me up, to walk on story see`s…

I`am strong, when I among your shoulder

Raise me Up…Tomorrow  then I can Be…

Teman, adalah segalanya bagiku…Saat2 aku hopeless..aku punya banyak kawan yang selalu memberi aku senyum untuk bisa melakukan ini semua. Maaf ya aku gak bisa nyebutin satu-satu..saking banyaknya!!, ya di balik cerita banyak yg mendukung aku untuk kerjakan proses beasiswa jerman ini. Kenapa Da ragu…ayo Da, bayangkan kamu lagi shalat di mesjid jerman..pasti akan selalu indah disana Da..hehehe (kata2nya ada yg aku cut dikit-sensor ni :p)..kata seseorang si:p. Kesempatan emas yg tidak semua orang bisa dapet, kenapa mesti sedih…apa yg kamu pikirkan Nak…berjalanlah, sampai Allah menentukan pilihannya..ia Da udah ikhlas, jika sesuatu terjadi…insyaAllah…aku terkesan maksa sama Allah, aku gak pengen ini adalah pilihan…tapi aku tetep ikhlas untuk berjalan jika suatu hari ini adalah pilihan…wallahu`alam

Saya faham Da, perasaan takut memang wajar adanya, terlebih da akan jauh dari sanak sodara dan orang2 yang menyayangi Da…tapi Da harus yakin, Allah ciptakan porsi ini karena Allah tau Da mampu…Da bisa kerjakan semuanya..semoga shalat dan sabar selalu menemanimu dan diberi ketenangan selalu..amien, makasi ya…lagi2 aku tak bisa menyebutkan siapaJ, tapi aku Cuma ingin sekali bilang untuknya, bahwa aku langsung tersenyum denger kata2 ini…makasi yaJ

Buat Rina sahabatku di jepang sana…akupun langsung copy imel dari dia ni…

🙂 Aida sahabatku…aq ngerti bgt perasaan kamu sekarang…kamu pasti seneng bgt…pasti…tp di lain sisi kamu juga pasti merasa khawatir bgm kehidupan kamu di sana…semua hal akan berbeda…semua hal diputuskan sendiri…klo aq bilang, itu semua wajar…wajaaar bgt.

Klo aq boleh kasih saran…sekarang langkah pertama yang harus Aida lakukan adalah…percaya bahwa Allah sudah memutuskan ini semua krn Dia akan membawa Aida pada suatu jalan yang insya allah adalah terbaik buat kehidupan Aida selanjutnya…sekarang tinggal manusia yang menentukan sikap…siap menerima ‘tantangan’ dengan berikhtiar dan bertawakal…atau mundur dari semua kesempatan.

Perasaan khawatir…bertanya2 tentang banyak hal ttg sesuatu hal yang baru dalam kehidupan qt, itu manusiawi bgt. Qt tinggal harus menyiapkan diri untuk terbuka dengan tantangan nanti ke depan. Hidup di luar negeri akan jadi pengalaman yang sangat berharga qo, percaya deh 🙂 Walopun semua keadaan akan berbeda…selama qt siap dengan segala perubahan dengan tetap istiqomah dengan jati diri qt…insya allah…semuanya akan berjalan dengan baik. Percayalah…Allah akan selalu ada buat Aida…itu juga yang selalu bikin aq kuat selama ini. Walopun aq harus tinggal sendirian sekarang…semua hal harus aq pikirkan sendirian…tp aq percaya Allah pasti akan selalu datang memberi pertolongan. Allah kan sebaik2 persangkaan manusia ya kan Da?! 🙂

Ya Allah..begitu mereka menyayangi Da semua..akupun terharu dengan semua..ya Allah kuserahkan dan kupasrahkan segala tekanan dan keberatan hati kepadaMu..kutitipkan hati ini untukMu, karena Kau Maha  Pemelihara..dan kukatakan dengan indah, insyaAllah aku siap berjuang di ranah ini…

Kututup dengan syair yang selalu membuat Da tersenyum sendiri…

Ku teringat hati yang berpegang janji

Kemana kau pergi cinta…

Perjalanan sunyi yang Kau tempuh sendiri

Kuatkanlah hati cinta

Ingatlah engkau kepada embun pagi bersahaja

Yang menemanimu sebelum cahaya

Ingatkah engkau kepada angin yang berhembus mesra

Yang kan membelaimu cinta

Kekuatan hati yang berpegang janji

Genggamlah tanganku cinta

Ku tak akan pergi meninggalkanmu sendiri

Temani hatimu cinta…

Special for mamaku, yang paling semangat nyemangatin aku, yang selalu ada di belakang Da dengan supportnya lahir n batin, buat aa n teteh, juga buat semua sahabat yang udah menolong aku dari segala intervensi  yang sempat Da terima, under pressure sana sini..juga support langsung buat Da..syukorn jazakumullah khoir semua…insyaAllah akan Da kerjakan sebisanya..dan ingat Allah selalu ada buat kita  yaks…

The end of the story, aku punya Doa…Ya Allah jika memang ini sulit untuk aku jalankan..Maka mudahkanlah jalannya, karena tiada yang sulit jika Engkau berkendak..beri kemudahan untukku jangan kesulitan, ya Allah beri aku kemudahan di setiap perkara…

Allaahumma laa sahla, illaaa maa Ja`al tahauu Sahlaa, wa anta taj`aluu sa`ba…insyi`ta sahla…fa sahil fii kulli amrin…amin ya Robbal A`alamin…

5 Mei 2008

 

Read Full Post »